Langsung ke konten utama

PEMBAHASAN KEAMANAN SISTEM TERDISTRIBUSI PADA E-COMMERCE (TOKOPEDIA)

PEMBAHASAN KEAMANAN SISTEM TERDISTRIBUSI PADA E-COMMERCE (TOKOPEDIA)


Keamanan Pada Sistem Terdistribusi
            Dalam sistem terdistribusi, keamanan adalah hal yang sangat penting. Dengan adanya keamanan dapat mencegah resiko kerusakan sistem kebocoran data, kehilangan data dan resiko lainnya. Tujuan utamanya adalah membatasi akses informasi dana sumber hanya untuk user yang diberikan hak akses. Organisasi, perusahaan, dan badan usaha sudah pasti membutuhkan keamanan dalam sistem terdistribusi. Di penulisan ini akan dibahas mengenai keamanan sistem terdistribusi pada e-commerce yaitu Tokopedia.
            Sebelum membahas keamanan sistem terdistribusi pada Tokopedia, ada bebeapa hal yang perlu diketahui mengenai empat bidang keamanan dalam sistem terdistribusi.

Ancaman Keamanan
            Penyerangan pada sistem terdistribusi dibagi 2, yaitu :
1.    Penyerangan Pasif : Hanya mengamati komunikasi data.
2.    Penyerangan Aktif : Memodifikasi komunikasi data atau memalsukan data, dan sebagainya.
            Terdapat beberapa ancaman yang mengancam suatu sistem yaitu :
1.    Leakcage : pengambilan informasi oleh penerima yang tidak memiliki hak.
2.    Tampering : pengubahan informasi yang illegal.
3.    Vandalism : gangguan operasi sistem tertentu, dimana pelaku tidak mengharapkan keuntungan.

Terdapat juga beberapa kemungkinan serangan yang dilakukan oleh pihak lain, yaitu :

1.    Intrusion : penyerang dapat menggunakan sistem computer yang kita miliki.
2.    Denail of service : penyerang membuat orang yang memiliki hak akses tidak dapat mengakses sistem.
3.    Eavesdropping : mandapatkan duplikasi pesan tanpa ijinEavesdropping, yaitu mandapatkan duplikasi pesan tanpa ijin.
4.    Masquerading : mengirim atau menerima pesan menggunakan identitas lain tanpa ijin mereka.
5.    Message Tampering : mencegat atau menangkap pesan dan mengubah isinya sebelum dilanjutkan ke penerima sebenarnya.
6.    Replaying : menyimpan pesan yang ditangkap untuk pemakaian berikutnya.
7.    Vandal : serangan yang bertujuan untuk merusak sistem website besar.
8.    Joyrider : Penyerang biasanya merusak sistem dengan tujuan hanya mendapatkan kesenangan.
9.    Scorekeeper: Serangan ini bertujan untuk mendapatkan reputasi dengan mengacak-acak sistem.
10.  Mata-mata : Serangan ini bertujuan untuk memperoleh data atau informasi rahasia dari pihak pesaing.

Akses Kontrol
            Hal ini berhubungan dengan cara pengaturan akses informasi. Dalam interaksi sederhana client-server ,server membatasi akses ke sumber daya. Teknik-teknik standar untuk melakukan hal ini adalah Access Control Matrix, Capabilities, dan Labels.

Otentikasi
            Hal ini berhubungan dengan metode untuk menyatakan bahwa informasi betul-betul asli, orang yang mengakses atau memberikan informasi adalah betul-betul orang yang dimaksud, atau server yang kita hubungi adalah betul-betul server yang asli.

Non Repudiation
            Hal ini menjaga agar seseorang tidak dapat menyangkal telah melakukan sebuah transaksi.menjaga agar seseorang tidak dapat menyangkal telah melakukan sebuah transaksi.
Hal ini sangat penting dalam hal electronic commerce Penggunaan digital signature, certifiates, dan teknologi kriptografi secara umum dapat menjaga aspek ini.

Pencegahan Serangan
            Banyak serangan yang mungkin terjadi pada suatu sistem, terutama sistem terdistribusi. Terdapat beberapa bentuk perancangan sistem, untuk mencegah datangnya serangan, yaitu :
1.    Rancangan harus mengikuti standart.
2.    Melakukan audit terhadap kegagalan.
3.    Adanya keseimbangan antara biaya terhadap serangan yang ada.
4.    Mendemokan validasi melawan ancaman yang diketahui.
Terdapat juga beberapa mekanisme keamanan pada sistem terdistribusi, yaitu:
1.    Enkripsi : digunakan untuk menyediakan kerahasiandapat menyediakan authentication dan perlindungan integritas
2.    Digital signature : digunakan untuk menyediakan authentication, perlindungan integritas
3.    Algoritma checksum/hash : digunakan untuk menyediakan perlindungan integritas dan dapat menyediakan authentication

Keamanan Sistem Terdistribusi Tokopedia
            Dalam penulisan ini, perusahaan yang dipilih adalah Tokopedia. Tokopedia adalah perusahaan E-Commerce, yang menggunakan sistem terdistribusi. Keamanan tentu penting bagi suatu perusahaan, karena untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi pada sistem Tokopedia, dibutuhkan solusi untuk ancaman yang terjadi. Terdapat kemungkinan ancaman yang terjadi pada Tokopedia, yaitu :
1.    Pencegatan data, yaitu pembacaan dan modifikasi data secara tidak sah.
2.    Pencurian data terhadap orang yang tidak bertanggung jawab.
3.    Kecurangan yang dilakukan oleh orang-orang yang identitasnya tidak diketahui.
4.    Akses yang tidak sah oleh seseorang terhadap data milik orang lain
Untuk mencegah serangan atau ancaman yang terjadi, dibutuhkan solusi, yaitu :
1.    Enkripsi
Enkripsi atau penyandian data adalah metode enkripsi atau yang lebih dikenal dengan kriptografi. Kriptografi adalah metode penyandian datatau pesan ayang dikirim melalui jaringan.
2.    Otentifikasi
Otentifikasi digunakan untuk memverifikasi identitas pengirim dan penerima.
3.    Firewall
Firewall digunakan untuk menyaring serta Melindungi lalu lintas data di jaringan atau server. Firewall bertindak sebagai pelindung atau pembatas terhadap orang-orang yang tidak berhak untuk mengakses ke jaringan kita. Suatu jaringan yang terhubung ke Internet pasti memiliki IP address (alamat Internet) khusus untuk masing-masing komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut. Apabila jaringan ini tidak terlindungi oleh tunnel atau firewall, IP address tadi akan dengan mudahnya dikenali atau dilacak oleh pihak-pihak yang tidak diinginkan. Akibatnya data yang terdapat dalam komputer yang terhubung ke jaringan tadi akan dapat dicuri atau diubah. Dengan adanya pelindung seperti firewall, kita bisa menyembunyikan (hide) address tadi sehingga tidak dapat dilacak oleh pihak-pihak yang tidak diinginkan.

Daftar Pustaka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ITIL ( Information Technology Infrastructure Library ) dan IT Service Management

ITIL ( Information Technology Infrastructure Library ) ITIL atau Information Technology Infrastructure Library adalah merupakan sebuah kerangka kerja atau konsep yang menggambarkan praktek terbaik dalam manajemen layanan teknologi informasi (TI)  dan berfokus pada pengembangan dan pengukuran yang terus menerus terhadap kualitas dari layanan IT yang diberikan baik terhadap bisnis atau pelanggan. Fokus dari ITIL sendiri ialah memberikan kontribusi dan keuntungan dalam menjalankan teknik-teknik dan proses-proses pada organisasi. Dalam perkembangannya ITIL telah mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Tujuan Information Technology Infrastructure Library (ITIL) adalah untuk menyediakan petunjuk untuk praktek terbaik dalam manajemen layanan teknologi informasi. Ini mencakup pilihan yang dapat diapdopsi dan diadaptasi oleh organisasi berdasarkan kebutuhan bisnisnya, keadaan, dan kedewasaan dari penyedia layanan. (Sumber:  Anonim1)  Pada awal perkembang

IMPLEMENTASI SISTEM TERDISTRIBUSI PADA APLIKASI PENJUALAN TIKET PESAWAT ONLINE

IMPLEMENTASI SISTEM TERDISTRIBUSI PADA APLIKASI  PENJUALAN TIKET PESAWAT ONLINE Sistem Terdistribusi Sistem terdistribusi adalaha sistem yang terdiri dari elemen-elemen yang saling berinteraksi secara sistematis dan teratur untuk mendistribusikan data, informasi, obyek dan layanan dari dan kepada pengguna yang terkait didalamnya.             Salah satu contoh implementasi sistem terdistribusi adalah dalam penjualan tiket pesawat secara online. Penggunaan aplikasi pembayaran/transaksi pembelian tiket pesawat terbang online merupakan contoh dari aplikasi pengolahan data terdistribusi, dimana data pembayaran tiket tersimpan di database bank, dan data tiketnya tersimpan di database server maskapai yang menyediakan tiket online. Contoh Aplikasi Penjualan Tiket Pesawat Secara Online: 1.       Tiket Pada aplikasi Tiket terdapat pilihan tiket pesawat, kereta api, dan persewaan mobil, hingga pemesanan penginapan. 2.       Traveloka Traveloka menyediakan layanan book