Langsung ke konten utama

ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (TUGAS)


A. Pengertian Ilmu Pengetahuan 

     Ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia . Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.

        Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode  yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari istemologepi.
Contoh:
  • ·                Ilmu Alam hanya bisa menjadi pasti setelah lapangannya dibatasi ke dalam hal yang bahani (materiil saja). Ilmu-ilmu alam menjawab pertanyaan tentang berapa jarak matahari.
  • ·                 Ilmu psikologihanya bisa meramalkan perilaku manusia jika lingkup pandangannya dibatasi ke dalam segi umum dari perilaku manusia yang konkret. Ilmu psikologi menjawab apakah seorang pemudi cocok menjadi perawat


B. Pengertian Teknologi 

          Teknologi adalah kumpulan alat, termasuk mesin, modifikasi, pengaturan dan prosedur yang digunakan oleh manusia. Teknologi secara signifikan memengaruhi manusia serta kemampuan spesies hewan lain untuk mengendalikan dan beradaptasi dengan lingkungan alami mereka. Istilah ini dapat diterapkan secara umum atau untuk daerah tertentu. Contoh: teknologi informasi, teknologi nuklir, teknologi pertanian, dan teknologi komunikasi.

Definisi Teknologi Menurut Ahli Berbagai Sumber 
Definisi Teknologi Menurut Poerbahawadja Harahap, Teknologi adalah : 
  1. Ilmu yang menyelidiki cara- cara kerja di dalam tehnik
  2. Ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik- pabrik dan industri- industri.
Definisi Teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990 : 1158), Teknologi adalah ;
  1. Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan
  2. Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang- barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Dalam Random House Dictionary seperti dikutip Naisbitt (2002 : 46) . Teknologi adalah sebagai benda, sebuah obyek, bahan dan wujud yang jelas- jelas berbeda dengan manusia.
Definisi Teknologi menurut Wikipedia situs wiki terbesar di Dunia ini, Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Menurut Miarso (2007 : 62) : Teknologi adalah proses yang meningkatkan nilai tambah, proses tersebut menggunakan atau menghasilkan suatu produk , produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada, dan karena itu menjadi bagian integral dari suatu sistem.

C, Perbedaan Teknologi Barat Dan Timur 

              Bangsa Barat dikenal sangat maju dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Sejarah mencatat bangsa Barat telah menjajah bangsa Timur selama berabad-abad. Penjajahan dimulai ketika Turki Ottoman merebut Konstantinopel mengubahnya menjadi Istambul dan menutup jalur perdagangan antara Barat dan Timur yang melewati Istambul pada abad ke-15. Hal ini menyebabkan bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan mencari sumber rempah-rempah yang mereka butuhkan.
               Setelah menemukan daerah penghasil rempah-rempah mereka berusaha menguasainya atau menjajahnya. Pertanyaannya mengapa bangsa Timur tidak dapat melawan penjajahan bangsa Barat? Hal ini disebabkan oleh mereka kalah dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Pertanyaannya selanjutnya adalah bagaimana bangsa Barat dapat mengembangkan ilmu pengetahuannya melebihi bangsa Timur yang sebenarnya memiliki peradaban lebih awal dari bangsa bangsa Barat. Ada beberapa hal untuk menjawab pertanyaan ini.

             Pertama, bangsa Barat lebih maju dari bangsa Timur karena faktor geografis. Keadaan geografis di Barat (Eropa) kurang menguntungkan jika dibandingkan dengan Timur. Keadaan ini membuat orang-orang Barat harus berpikir ekstra keras untuk dapat bertahan hidup sehingga memunculkan ide-ide baru yang di dalamnya mengandung ilmu pengetahuan yang dapat dikembangkan menjadi teknologi. Berbeda dengan bangsa Barat yang harus berpikir keras, bangsa Timur telah hidup makmur dengan pemenuhan kebutuhan yang telah disediakan oleh alam dengan berlimpah-limpah. 
             Keadaan geografis di Timur seperti Asia Timur, Asia Selatan, Palestina dan Asia Tenggara sangat berlimpah kekayaan alamnya baik kekayaan alam mineral maupun kekayaan hayati. Di Eropa keadaan geografisnya dipenuhi oleh pegunungan tinggi yang diselimuti oleh salju karena termasuk dalam wilayah subtropis sehingga kesulitan dalam mengelola tanahnya. Pertanian hanya terdapat di lembah-lembah sungai yang hanya dapat ditanami vegetasi-vegetasi tertentu.

           Kedua, bangsa Barat Kuno berbeda pandangan hidupnya dengan bangsa-bangsa asli di benua lainnya. Bangsa Barat berpandangan rasional, artinya sifat yang mengutamakan hal-hal yang masuk akal sebagai hal-hal yang benar. Sedangkan bangsa Timur pada umumnya bersifat tradisional, artinya sifat yang mempertahankan apa yang sudah ada sebagai hal yang benar. Bangsa Timur lebih banyak memuja alam sebagai kekuatan sehingga timbullah kepercayaan dan agama. Sedangkan bangsa Barat lebih banyak melihat alam sebagai sesuatu yang tersedia baginya dan dikuasai demi kesejahteraan hidupnya.

          Ketiga, peradaban Timur yang lebih maju terlebih dahulu menyebabkan adat istiadat atau nilai tradisi dijunjung sangat tinggi. Hal ini menyebabkan adat istiadat memegang kontrol dalam kehidupan masyarakat. Adat istiadat ini cenderung kaku dan sangat sulit melanggar atau malah mengubahnya. Saat masyarakat menemukan ide-ide baru atau ilmu-ilmu pengetahuan yang baru semuanya itu harus diseleksi oleh adat istiadat yang dipimpin oleh orang-orang tua yang kolot. Hal ini menyebabkan masyaratkat Timur enggan untuk mengolah pemikiran yang menjadi ilmu pengetahuan melainkan tunduk pada kebudayaannya. 
            Seperti kita ketahui ada hierarkhi atau susunan pimpinan dalam peradaban Timur. Hierakhi ini sangat kuat mengontrol masyarakat dan masyarakat serta merta tanpa paksaan sesuai dengan tradisi menundukkan dirinya. Berbeda dengan bangsa Barat yang peradabannya sedikit tertinggal dari bangsa Timur, mereka tidak punya kebudayaan atau adat istiadat yang mengekang mereka sehingga mereka dapat dengan leluasa mengembangkan pemikiran mereka.
             Buktinya salah satu konsep persamaan dan kebebasan dalam masyarakat muncul di daerah Eropa bukan di Timur. Saat agama Katolik mulai membentuk budaya agama yang kaku yang semuanya harus berdasarkan ajaran Gereja tetap saja tidak dapat mengekang kaum cendikiawan Eropa yang membentuk komunitas-komunitas rahasia (Secret Societies). 

D. Ciri-Ciri Perkembangan teknologi  
 
  1.     Konvergensi
 
Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaitu convergence. Kata konvergensi merujuk pada dua hal/benda atau lebih bertemu dan bersatu dalam suatu titik (Arismunandar,2006:1).konvergensi media berarti penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam satu titik tujuan. Istilah konvergensi secara umum juga merujuk pada kaitannya dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi (TIK).


2.     Miniaturisasi
Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini.

3.    Embedded
Komputer yang berfungsi sebagai unit control yang membutuhkan pengendalian otomatis. Contoh penggunaan computer ini adalah Telepon, videotape recorder, AC, Robot, pengendali gerakan pesawat, dsb.

4.     On Demand
Dial on demand ini adalah layanan internet dimana pelanggan tidak terkoneksi secara terus menerus ke internet. Pelanggan akan dibebani biaya berdasarkan lamanya mereka terkoneksi ke internet. Contoh layanan internet dial on demand adalah : Telkomnet instant dari Telkom, layanan-layanan dial up dari ISP yang lain, juga beberapa layanan dari ISP wireless local.

5.    Grid
Kemudian, pada April 2008 melalui Global Grid Forum dalam ‘Red Button Day’, muncullah satu konsep yang merupakan evolusi terbaru internet yaitu Grid atau Internet2. Konsep Grid sebenarnya dibawa dari komputer terdistribusi yaitu konsep untuk mengkoneksikan superkomputer menjadi metakomputer. Kata Grid diambil dari Electricity Grid (jaringan listrik) yaitu alat elektronik dicolokkan ke jala tersebut (grid), akan memperoleh resource yang sama dengan mengabaikan dari mana resource tersebut berasal.

6.    Intelligent
Kecerdasan Buatan atau Intelegensi Artifisial  didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

7.     Wireless Internetworking
Internetworking adalah proses untuk menghubungkan suatu jaringan dengan jaringan komputer yang lain. Proses untuk menghubungkan suatu jaringan komputer dengan jaringan kompute yang lain memerlukan alat yang namanya Router. Setiap LAN terkadang memiliki router sebagai gateway yang menghubungkan LAN ke jaringan lain. Di dalam LAN biasanya terdapat satu atau lebih hub atau switch yang menghubungkan perangkat akhir (end device) ke LAN. 7.1 Perangkat Internetwork Router merupakan perangkat dasar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan. Setiap port pada router terhubung ke jaringan yang berbeda dan me-rute-kan paket antara jaringan yang satu dengan jaringan yang lainnya. Router memiliki kemampuan untuk menghentikan broadcast domain dan collision domain. Router juga dapat digunakan untuk mengkoneksikan jaringan yang menggunakan teknologi yang berbeda, seperti LAN dan WAN.

8.     Open Source
Source adalah perintah-perintah yang digunakan untuk membuat aplikasi. Jadi open source adalah source yang terbuka. Maksudnya bila kita bisa mengetahui source penyusun suatu software maka itu disebut open source. Tapi tidak cukup dengan hanya mengetahui saja tapi jika kita bebas menggunakan, mengembangkan, menyebarluaskan atau menggandakan aplikasi tersebut tanpa harus membayar izin atau lisensi kepada pembuat aplikasinya. Open source software adalah software yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kesalahan atau kekurangan pada software tersebut.

9.     Seamless Integration
Integrasi yang terjadi tanpa menimbulkan kesalahan atau komplikasi. Misalnya, jika Anda meng-upgrade program yang lebih tua ke versi baru dengan tidak ada kesalahan yang akan dianggap sebagai integrasi. Untuk pengembang yang ingin integrasi, sering terjadi melibatkan pra-perencanaan dan menciptakan rencana uji mendalam dan mengikuti sebelum program atau produk dilepaskan.

10.   Ubiquitous
  Ubiquitous computing adalah paradigma baru yang dibangun agar di kemudian hari, setiap benda     yang ada di dunia termasuk manusia itu sendiri menjadi unit-unit yang terintegrasi dalam suatu jaringan besar. Ubiquitous computing akan berupa dunia pasca-PC. Perangkat teknologi umum akan terkoneksi dengan internet dan pengguna mungkin tidak menyadari perangkat mana di lingkungannya yang terkoneksi. Contoh penerapannya adalah, otomatisasi rumah, bangunan, jalanan, bidang farmasi dan kesehatan, bisnis, perbankan, dan keamanan dengan cara membangun network untuk seluruh peralatan elektronik. Tujuan utama dari teknologi ini adalah mengaktifkan segala yang ada di sekitar kita sehingga pekerjaan manusia lebih mudah.

Sumber : http://tugasteknikmesin.blogspot.co.id     http://www.artikelteknologi.com            https://ericktristanto.wordpress.com              http://satriakbar.blogspot.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ITIL ( Information Technology Infrastructure Library ) dan IT Service Management

ITIL ( Information Technology Infrastructure Library ) ITIL atau Information Technology Infrastructure Library adalah merupakan sebuah kerangka kerja atau konsep yang menggambarkan praktek terbaik dalam manajemen layanan teknologi informasi (TI)  dan berfokus pada pengembangan dan pengukuran yang terus menerus terhadap kualitas dari layanan IT yang diberikan baik terhadap bisnis atau pelanggan. Fokus dari ITIL sendiri ialah memberikan kontribusi dan keuntungan dalam menjalankan teknik-teknik dan proses-proses pada organisasi. Dalam perkembangannya ITIL telah mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Tujuan Information Technology Infrastructure Library (ITIL) adalah untuk menyediakan petunjuk untuk praktek terbaik dalam manajemen layanan teknologi informasi. Ini mencakup pilihan yang dapat diapdopsi dan diadaptasi oleh organisasi berdasarkan kebutuhan bisnisnya, keadaan, dan kedewasaan dari penyedia layanan. (Sumber:  Anonim1)  Pada awal perkembang

IMPLEMENTASI SISTEM TERDISTRIBUSI PADA APLIKASI PENJUALAN TIKET PESAWAT ONLINE

IMPLEMENTASI SISTEM TERDISTRIBUSI PADA APLIKASI  PENJUALAN TIKET PESAWAT ONLINE Sistem Terdistribusi Sistem terdistribusi adalaha sistem yang terdiri dari elemen-elemen yang saling berinteraksi secara sistematis dan teratur untuk mendistribusikan data, informasi, obyek dan layanan dari dan kepada pengguna yang terkait didalamnya.             Salah satu contoh implementasi sistem terdistribusi adalah dalam penjualan tiket pesawat secara online. Penggunaan aplikasi pembayaran/transaksi pembelian tiket pesawat terbang online merupakan contoh dari aplikasi pengolahan data terdistribusi, dimana data pembayaran tiket tersimpan di database bank, dan data tiketnya tersimpan di database server maskapai yang menyediakan tiket online. Contoh Aplikasi Penjualan Tiket Pesawat Secara Online: 1.       Tiket Pada aplikasi Tiket terdapat pilihan tiket pesawat, kereta api, dan persewaan mobil, hingga pemesanan penginapan. 2.       Traveloka Traveloka menyediakan layanan book

PEMBAHASAN KEAMANAN SISTEM TERDISTRIBUSI PADA E-COMMERCE (TOKOPEDIA)

PEMBAHASAN KEAMANAN SISTEM TERDISTRIBUSI PADA E-COMMERCE (TOKOPEDIA) Keamanan Pada Sistem Terdistribusi             Dalam sistem terdistribusi, keamanan adalah hal yang sangat penting. Dengan adanya keamanan dapat mencegah resiko kerusakan sistem kebocoran data, kehilangan data dan resiko lainnya. Tujuan utamanya adalah membatasi akses informasi dana sumber hanya untuk user yang diberikan hak akses. Organisasi, perusahaan, dan badan usaha sudah pasti membutuhkan keamanan dalam sistem terdistribusi. Di penulisan ini akan dibahas mengenai keamanan sistem terdistribusi pada e-commerce yaitu Tokopedia.             Sebelum membahas keamanan sistem terdistribusi pada Tokopedia, ada bebeapa hal yang perlu diketahui mengenai empat bidang keamanan dalam sistem terdistribusi. Ancaman Keamanan             Penyerangan pada sistem terdistribusi dibagi 2, yaitu : 1.     Penyerangan Pasif : Hanya mengamati komunikasi data. 2.     Penyerangan Aktif : Memodifikasi komunikasi data a